Saturday, October 16, 2010

Tugas Filsafat Ilmu MANTAAABH

SASTRA JEPANG
Sang Kinanti B (120913005)
Muhammad Ghofur C. R. (120913006)

1.      PENGERTIAN DAN MAKNA FILSAFAT
(Diambil dari berbagai Sumber)

Menurut buku Pengantar Filsafat Ilmu dan Logika,

Pengartian – pengertian lain :
·         Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.
·         Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.
·         Filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika.
Aristoteles (384 – 322 SM)
·         Filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli. Filsafat tidak lain adalah pengetahuan mengenai segalanya yang ada.
Plato (428 – 348 SM)
·         Filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )
(106 – 43 SM)
·         Filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.
Johann Gotlich Fickte (1762-1814 )
·         Filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .
Paul Nartorp (1854 – 1924 )
·         Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
Imanuel Kant ( 1724 – 1804 )
1.       Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
2.      Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
3.      Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
4.      Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi )

·         Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.
Notonegoro
·         filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.
Driyakarya
·         Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.
Sidi Gazalba
·         Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis.
Harold H. Titus (1979)
·         Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan.
Prof. Mr. Muhammad Yamin
·         Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yang hakiki (pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yang sejati.
Prof. Dr. Ismaun, M.Pd
·         Filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi , filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak bisa dipastikan;namun, seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.
Bertrand Russel
2.      PEMAHAMAN KEFILSAFATAN ITU MEMILIKI PERANAN DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
Ya, karena pada dasarnya filsafat adalah Mother Of Science (induk ilmu pengetahuan). Karena pada saat sebelum ditemukannya pengetahuan (knowledge) segala hal mengenai ilmu pengetahuan (science) berasal dari filsafat. Kemudian seiring dengan perkembangan jaman, maka satu persatu disiplin ilmu mulai melepaskan diri dari filsafat. Akan tetapi masih berkaitan dengan inti dari filsafat tersebut. Sehingga setiap perkembangan ilmu pengetahuan merupakan wujud peranan dari filsafat.

3.      YANG INGIN DIKETAHUI DAN DITEMUKAN DALAM BELAJAR FILSAFAT ILMU.
Seperti yang dijelaskan dalam perkuliahan, tujuan dari belajar filsafat adalah untuk menemukan suatu hal yang baru dari ilmu pengetahuan, bukan untuk mewarisi ilmu pegetahuan tersebut sebagai warisan dan hanya menjadi ilmu pengetahuan tanpa perkembangan. Dari kalimat tersebut kami mulai memahami bahwa sebagai generasi muda bangsa Indonesia kami harus mulai berfikir kritis dengan mulai mencari kebenaran dalam kebenaran yang selama ini diberikan kepada orang dewasa kepada kami yang tergolong masih muda dan belum mengerti tentang ilmu pengetahuan.

Dengan belajar filsafat ilmu maka kami berharap kami tidak lagi menjadi sekelompok anak muda penerus bangsa yang disuapi oleh ilmu dan menelan ilmu itu begitu saja. Akan tetapi kami dapat mengerti dan meneliti secara kritis asal dan kebenaran yang paling benar dari ilmu – ilmu tersebut.

 BISMILLAH DAPET NILAI A

No comments:

Post a Comment