Sunday, October 9, 2016

Keping Hidup #2 "Oh! Come On!!"

Pernah mendengar frasa diatas langit masih ada langit? Hari ini aku baru menegaskan frasa baru untuknya. Bahwa dibawah tanah masih ada tanah. tanah yang lebih pekat, apak, sesak dan gelap.

Apa kamu tahu kalau kenangan terus berputar di atas kepalamu, kamu akan mengalami pusing hebat sampai matamu berair? Aku merasakannya sekarang. Detik ini. Ah, detik ini terasa begitu lama. Waktu memang tidak dapat maju atau mundur. Tapi dia seperti pir tempat duduk yang bisa melar memanjang dan ciut memendek. Sangat menyakitkan jika ada bongkahan ingatan bersarang diatas kepalamu saat waktu sedang ditarik sepanjang jalan tol. Seakan kamu ingin menyelami ingatan itu tapi waktu membatasimu. Dan hal itu terjadi berulang kali.

Aku mencoba menelusuri ingatan waktuku. Saat seperti ini pernah kurasakan dulu. Walau dalam lingkaran yang berbeda. Seperti berdiri mengambang diatas laut. Sendirian. Menoleh kemanapun lautan itu tak berujung. Aah, itulah nona waktu, seakan berjalan lurus, padahal hanya berputar-putar saja. Dan saat kenangan mulai mebanjiri, sang melankolis mengambil satu per satu cahaya dari tubuh. Sehingga yang tersisa hanyalah gelap. Dalam gelap kenangan berjalan cepat, tidak sempat kusesap. Terus berjalan melewatiku seperti permisi ke toilet.

Lalu apa guna perjalanan waktuku selama ini. Apakah aku hanya berjalan diatas treadmill elektrik, selelah-lelahnya hanya akan membakar kalori namun diam di tempat tanpa bergerak kemanapun. Lho, bukannya aku sudah bisa membuka mata? Tidak hanya membuka mata, bukankah aku sudah bisa mengerjap dan melihat dari sudut-sudut pandang lain? Mengapa aku harus mencari ujung lautan? Mengapa aku tidak melihat keatas lalu terbang bersama merpati dan gagak? Atau aku juga bisa melihat kebawah dan menyelam bersama ikan biru dan oranye yang mencari anaknya. Bukankah petualangan hidupku begitu melimpah?

Ada sedikit nyeri dihati saat kutengok lagi ingatan itu, tapi tidak sampai mengenyahkan suka. Setidaknya aku masih beruntung karena aku ada dan mengalaminya. Tidakkah itu hebat? Berjalan beriringan dengan nona waktu dan menantang dunia.

9-18 Januari 2015
女子寮 room no. 103

09.55 PM

(Tanpa salam hangat, hanya ada salam dingin dari anak rantau yang merasa sayang untuk menyalakan penghangat ruangan walau musim dingin karena hemat listrik)

No comments:

Post a Comment